Kamis, 24 Mei 2012

Cara Melatih Kucing Buang Air



Agar Kucing tidak buang kotoran sembarangan.

Melatih kucing buang air pada tempat yang disediakan adalah masalah mendunia. Semua pecinta kucing pasti pernah mengalami masalah ini. Saya sendiri sudah mengalami jatuh bangun soal didikan buang air terhadap kucing. Namun akhirnya saya bisa berhasil memberikan 'pengarahan' buat si Kucing untuk 'poop' dengan tertib, caranya ?


UNTUK BAK PASIR, begini caranya:
1. Siapkan kotak besar bila kucingnya sudah dewasa, dan kotak kecil bila kucingnya masih anak-anak. Punya 1 kucing, berarti anda harus punya 1 kotak minimal. Dan punya 4 kucing, berarti anda harus punya 3 kotak lebih bak pasir. Dan bila punya 7 kucing, anda harus punya 5 lebih bak pasir. Anda tidak mau mereka antri buang air kan? Lagi pula memiliki bak pasir banyak, anda bisa mengontrol dan mengecek pengeluaran mereka bila salah satu kucing memiliki masalah pencernaan.

2. Masukkan dalam bak atau kotak, pasir yang non-clay-clumping atau
pasir yang tidak menggumpal. Kenapa? Soalnya pasir yang mudah menggumpal mengandung sodium bentonite yang apabila tertelan kucing, didalam usus pasir itu akan menggumpal dan sangat berbahaya. Tuangkan pasir kedalam kotak setebal 3 sampai 5 cm.

3. Taruh bak pasir pada tempat yang sudah dialasi kertas koran atau washable mat. Taruhlah di tempat yang tenang, tidak berisik, dan jauh dari tempat makannya namun mudah dijangkau kucing.

4. Cara mendidiknya adalah, biasanya kucing sehabis makan akan berlari ke bak pasirnya. Ini yang terjadi pada kucing saya. Pokoknya setelah 15 menit kucing habis makan atau sebelum makan, ambil kucing dan taruh di dalam bak pasirnya. Biarkan dia bingung kok saya ditaruh disini? Kalau dia pergi, taruh lagi di dalam bak pasir. Kalau kucing termasuk kucing pintar, dia akan mengerti sesaat setelah anda mengajarinya untuk menggaruk-garuk pasir. Kucing akan buang air.

5. Bila tidak, berarti kucing bukan tipe pintar dan harus ada yang memperlihatkan caranya dulu. Ini yang namanya copy-cat atau kucing si peniru. Lagi-lagi anda harus sabar melakukannya dan selalu waspada, setiap kucing menggaruk-garuk lantai berarti dia ingin buang air. Intinya disini adalah "pelan-pelan". Ambil kucing dan taruh dalam bak pasir. Terus seperti itu sampai kucing tidak tahan dan buang air didalam bak. Jangan membentaknya bila salah, apalagi dia lagi ada di bak pasir. Kucing mengira anda memarahinya karena ada di dalam bak pasir, dan kucing akan sulit buang air disana lagi karena memori yang tidak menyenangkan.

6. Setiap kucing buang air didalam bak, sayangi dia. Acara menyayangi setiap dia berbuat benar sangat berguna dan SANGAT cepat membuatnya mengerti.

7. Selalu bersihkan bak pasir kucing dengan membuang kotorannya setiap hari. Dan cuci bak tersebut minimal seminggu 2 kali dengan merendamnya lebih dulu menggunakan air panas. Kemudian cuci dengan cairan pemutih. Setelah itu barulah menggunakan disinkfektan atau ditergen, terus bilas sampai bersih dan jemur dibawah matahari atau dikeringkan langsung. Cara ini tidak merepotkan demi memberantas toxoplasma.

8. Sekali anda menemukan posisi tempat bak pasir dan kucing sudah mengenalnya, jangan memindahkannya lagi. Ini terjadi pada saya, dan kucing kebingungan dan akhirnya buang air sembarangan. My cats so dumb!


UNTUK DI KAMAR MANDI, begini caranya:
1. Cara supaya kucing buang air dikamar mandi cukup mudah dan juga sulit. Bila sebelumnya kucing buang air di dalam bak, anda bisa menaruh bak kosong tersebut didalam kamar mandi. Dan setiap kucing menggaruk-garuk lantai, anda bisa membawanya tanpa buru-buru kedalam kamar mandi yang ada bak pasir yang dikenalnya. Kucing akan mencium bau bak dan buang air didekatnya. Selalu lakukan hal ini berulang kali sampai kucing akhirnya tidak tahan dan buang air disana. SELALU keluarkan kata-kata manis dan JANGAN keluarkan aura marah. Percaya deh, kucing bisa merasakannya dan dia akan kabur takut dimarahi.

2. Bila ingin kucing langsung buang air dikamar mandi, pertama adalah anda harus membuatnya terbiasa didalam kamar mandi. Kucing takut air sudah pasti, suara air menetes atau lantai yang basah bisa membuatnya panik, apalagi kalau kucing yang benci air dimandikannya di kamar mandi, dia semakin ketakutan kalau tidak biasa. Tapi kucing tidak selamanya penakut, dengan setiap hari anda membawanya kekamar mandi, kucing bahkan akan bernyanyi dikamar mandi dan main masuk saja ke dalam untuk buang air tidak peduli kalau anda sedang mandi. Kunci disini yaitu kewaspadaan dan kesinggapan anda setiap kucing menggaruk-garuk lantai atau bersiap buang air. Jangan lengah dan selalu bawa kucing kekamar mandi.

3. Intinya hanyalah menaruh kegiatan berulang di memori kucing.

Sumber

______sincerely______
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Cara Melatih Kucing Buang Air ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Kamis, 24 Mei 2012. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
12 Comments

12 komentar:

citra mengatakan...

Waaah iya.... untung ak baca article ini, kucing kecil dirumah suka makan pasir
-..- untungnya kmrin langsung ak ganti pakai pasir yg non gumpal. (Di tunggu kunjunganyaaaa)

Sasi mengatakan...

Aku mau ngajarin anak2 kucing untuk buang air di pasir, tp susah banget cari pasir yg non clay non clumping, carinya dimana dan bilangnya apa ya ke petshopnya?

Fairuz Hilwa Shahab mengatakan...

cari aja di petshop banyak, bilangnya kayak gini "ada pasir buat kucing yang nom clay clumping?"
cara ngajarin anak kucingnya secara bertahap aja
misalnya setiap anak kucing kamu habis makan letakkan anak kucingnya dibak pasir, letakkan sampai 2-3 kali sehingga anak kucing berpikir
apabila melihat anak kucing menggaruk-garuk lantai cepat letakkan anak kucing di bak pasir

semoga bermanfaat :)

Anonim mengatakan...

kucing temen di hibahkan ke saya..
katanya klo di rumahnya dia ga eeq sembarangan..
tapi dirumah saya dia eeqnya sembarangan..
dia stress kli ya?

Fairuz Hilwa Shahab mengatakan...

mungkin kucing anda belum terbiasa dengan kondisi rumah anda
anda bisa mengajarkannya terlebih dahulu cara membunag air

Anonim mengatakan...

Kucing sy tadinya pintar pup di kotak,tp blakangan bandel bgt,pupnya di koran pdhl sampingnya kotak dan masih bersih pasirnya. Knp ya?

Fairuz Hilwa Shahab mengatakan...

mungkin kucing anda sedang kehilangan kosentrasi dan tidak bisa menangkap apa yang diperintahkan
coba saja untuk melatih kucing anda kembali dalam menggunakan kotak pasir

sapphire ds mengatakan...

Kucingku masih kecil, 2 bulanan..
Dia udah bisa pup di pasir, tpi nggak d garuk dan nggak di timbun.. gmna caranya dia bisa pup yg normal ya?

Anonim mengatakan...

Salamualaikum KK Ini kucing aku udah gede 1 tahunanlah tapi dia kadang2x pupnya sembarangan dan kadang kadang pupnya normal (di pasir) gmn nih tolong nanti kusing saya mau di buang nih :d:

Anonim mengatakan...

aku pnya kucing poop sbrngan klo d'latih biar pup d'selokn bisa gak ?

Fairuz Hilwa Shahab mengatakan...

@sapphire
kucing anda masih kecil, perlu pengenalan dalam cara pup yang benar
sebaiknya jika ada induk kucing tersebut, ketika induk kucing sedang menggaruk-garuk pasir (akan pup) anda dekatkan anak kucing ketempat tersebut
seringkali terjadi anak kucing yang pup tidak ditimbun

@anonim
wa'alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh
latih kucing anda untuk pup pada tempatnya
(sudah saya jelaskan pada artikel diatas)
jika kelihatan kucing anda ingin pup, segera bawa kucing anda ketempat yang sesuai
bisa juga setelah kucing makan letakkan kucing anda di litterbox sampai 3 x
hal ini melatih kucing untuk pup pada tempatnya

Fairuz Hilwa Shahab mengatakan...

@anonim
bisa kok, malah teman saya ada yang melatih kucingnya untuk pup di kloset
caranya bisa anda baca pada artikel di atas

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda