Kamis, 17 Mei 2012

Memberi Obat Cacing Pada Kucing


Pemberian obat cacing pada hewan kesayangan sangat penting untuk mencegah berbagai infeksi cacing. Banyak pemilik tidak menyadari hewan kesayangan mereka telah terinfeksi cacing sampai terlihat adanya gejala klinis yang ditimbulkan, dan kebanyakan ketika gejala klinis yang ada muncul maka akan berakibat buruk pada hewan kesayangan mereka. Akibat yang ditimbulkan seperti kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, batuk, diare dan muntah cukup banyak. Kegiatan pencegahan sangat penting dilakukan, karena meskipun diletakkan di kondisi lingkungan yang bersih tidak menjamin hewan kesayangan kita terbebas dari infeksi cacing. Anjing atau anak anjing dapat terinfeksi cacing dari gigitan kutu, gigitan nyamuk atau kontak dengan anjing lain yang terinfeksi.

Program deworming rutin yang direkomendasikan oleh
American Association of Veterinary Parasitologists (AAVP), the Centers for Disease Control and Prevention (CDC), and the Companion Animal Parasite Council (CAPC), untuk anak anjing sebaiknya memulai pengobatan pada usia 2 minggu, berulang pada 4, 6, dan 8 minggu,kemudian lakukan tindakan pencegahan tiap 3 bulan. Pemberian obat cacing pada kucing dapat dimulai pada usia 3 minggu karena infeksi prenatal tidak terjadi pada kucing. Pemberian selanjutnya diulangi pada usia 5, 7, dan 9 minggu, kemudian pencegahan setiap 3 bulan.

Infestasi cacing kadang-kadang mudah untuk dilihat.
Kucing akan memuntahkan cacing hidup dalam infestasi cacing gelang yang buruk.  Jika tidak, Anda mungkin melihat cacing pada tinja atau tidak sama sekali. Segmen cacing pita dapat terlihat di ujung belakang kucing di dekat rektum atau di tempat tidur nya. Cacing ini terlihat pucat seperti benih kecil ketika kering. Jika baru muncul pada rektum, pemilik mungkin melihat segmen bergerak. Cacing tambang yang tidak mudah terlihat seperti cacing gelang atau cacing pita. Pemilik kucing harus mencurigai infestasi cacing tambang pada kucing lesu dengan bulu kusam. Oleh karena itu untuk diagnosa jenis cacing dan pemberian obat cacing yang tepat yang menginfeksi hewan kesayangan anda, sebaiknya dibawa ke dokter hewan.

Beberapa obat cacing bekerja untuk membunuh cacing dewasa, namun perlu diulang untuk membunuh telur cacing yang tidak bisa dimatikan oleh obat cacing tadi, yang dalam siklusnya telah menetas menjadi cacing dewasa. Jadwal pengobatan yang direkomendasikan sejak umur 2 minggu bertujuan untuk membunuh semua ascarids (cacing gelang), yang mungkin berasal dari susu induk anak anjing atau anak anjing mungkin telah terinfeksi telur dari lingkungan. Anjing dewasa lebih mungkin terinfeksi dengan cacing tambang atau jenis lain dari cacing daripada dengan ascarids.

cacing
Cacing pita adalah parasit yang sangat umum dari anjing dan kucing. Cacing ini paling sering ditularkan oleh kutu, parasit ini juga menular pada manusia yang termakan makan kutu yang terinfeksi. Cacing ini akan mati dengan obat cacing golongan praziquantel. Contoh obat yang mengandung bahan aktif praziquantel seperti Drontal plus yang mengandung 50 mg praziquantel. Selain untuk cacingpita, obat ini jg membunuh jenis cacing Cacing Tambang (Ancylostoma caninum, Uncinaria stenocephala), Cacing Gelang (Toxocara canis, Toxascaris leonina), dan Cacing Cambuk (Trichuris vulpis). Beberapa obat-obatan mengobati hanya jenis tertentu cacing, cacing pita atau seperti cacing gelang, sementara yang lain mengobati beberapa jenis sekaligus.

Selain melakukan pemberian obat cacing, pemeriksaan feses tahunan juga sebaiknya dilakukan. Pemilik hewan sebaiknya berhati-hati dalam memberikan obat cacing sendiri, karena obat cacing bisa sangat beracun untuk hati hewan kesayangan anda. Sebaiknya berikan sesuai anjuran dan selalu konsultasikan dengan dokter hewan yang anda percaya.

Sumber


_____sincerely_____
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Memberi Obat Cacing Pada Kucing ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Kamis, 17 Mei 2012. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda