“Indonesia Peduli Kucing” atau IPK) sebuah AJAKAN. Semangat kebersamaan, untuk MENGAJAK setiap INSAN INDONESIA berempati & memiliki rasa kasih sayang terhadap kucing. Gagasan semangat IPK terbentuk 7 Maret 2010 melalui sebuah jejaring sosial.
Indonesia Peduli Kucing (IPK) adalah sebuah ajakan, mengajak setiap insan Indonesia untuk lebih perhatian & menyayangi kucing jenis apapun –dimanapun mereka berada– terutama yang terlantar/di jalanan.
Indonesia Peduli Kucing (IPK) bersifat sosial, bukan tim penyelamat yang terjun ke lapangan, tidak berbentuk badan hukum, tidak memiliki kantor dan pekerja, serta tidak menyediakan tempat penampungan atau penghibahan kucing.
Siap menyisihkan sebagian waktu & tenaga untuk Pasukan Meong? Yukk, silahkan kirim email ke SahabatMeongIPK@Gmail.com dengan SUBJECT: “Relawati/wan Meong” dan kirim nama lengkap, email, No. HP & Akun FB.
Salam Meong =^_^=

TANYA & JAWAB SEPUTAR “IPK”
1] Apa sih IPK?  
IPK, yg pasti bukan seekor kucing;) IPK singkatan dari Indonesia Peduli Kucing. Sebuah AJAKAN. Semangat kebersamaan, untuk MENGAJAK setiap insan Indonesia berempati dan memiliki rasa kasih sayang terhadap kucing. Gagasan semangat IPK terbentuk 7 Maret 2010 oleh Eri Hariono. “Sesungguhnya setiap jiwa itu istimewa” =^_^=

2] Tujuan utama dibentuknya IPK sebetulnya apa ya?

Visinya iyah itu tadi, SETIAP insan Indonesia menaruh kepedulian terhadap pasukan meong: dimanapun, jenis apapun dan kapanpun mereka berada. Kalaupun ada insan yang tidak suka kucing, tidak apa-apa karena memang tidak ada paksaan/keharusan untuk menyukai kucing; yang TERPENTING, jangan ganggu dan usil terhadap kucing, bahkan kucing jalanan/terlantar. Berilah kesempatan untuk pasukan meong hidup dengan AMAN dan NYAMAN!

3] Terus, bagaimana bisa mencapai tujuan utama IPK itu?
Nah, dengan berkumpulnya Sahabat Meong di Facebook/Twitter dalam satu wadah (secara virtual di dunia maya) dengan slogan IPK tadi, diharapkan berfungsi sebagai wadah gotong-royong, curhat, komunikasi, berbagi kasih & perhatian berbagai jenis kucing, dari setiap insan Indonesia di seluruh penjuru di Indonesia, atau bahkan yang bermukim di luar Indonesia:)
4] Kucing dalam singkatan IPK, maksudnya kucing apa ya?
Semua jenis kucing. Baik kucing ras, kucing domestik. Kucing berbulu panjang, maupun kucing berbulu pendek. Prioritas diberikan terhadap kucing yang belum beruntung untuk memperoleh rumah yang penuh kasih sayang. Seperti si meong terlantar (yang dulunya sebenarnya kucing rumah, namun karena beberapa hal menjadi terlantar/tak bertuan) yang berkeliaran di lingkungan sekitar kita (baik di rumah, di sekolah, di kampus, di kantor, dsb.), di jalanan dan berbagai tempat umum lainnya.

5] Sebenarnya IPK itu bentuknya bagaimana ya?
IPK merupakan suatu komunitas yang cair & terbuka bagi siapa saja. Bahkan non-catlovers juga bisa bergabung untuk dapat mengenal lebih dekat ttg kucing:) Tak kenal, maka tak sayang, bukan? ;)
6] Oh jadi IPK ini bukan suatu lembaga resmi dunk?
Bukan. Karena IPK sendiri bersifat sosial, bukan tim rescue yang terjun ke lapangan, tidak berbentuk badan hukum, tidak memiliki kantor dan pekerja serta tidak menyediakan tempat penampungan atau penghibahan kucing. Semua yang membantu program IPK, murni tenaga sukarelawan/wati; dimana saat ini jumlahnya sangat minim & kurang memadai. Berminat membantu? Yukk, silahkan kirim email dengan Subject “Bersedia sbg Sukarelameong” ke SahabatMeongIPK@gmail.com
Mohon untuk diperhatikan, saat ini tercatat resmi sebagai Sukarelameong untuk SOS Meong Jakarta adalah Riri Zulkifli; untuk keuangan adalah Della Yana & Caesara Paramita Aprilia; serta untuk gerai Kucing Sahabat Kita Belanja Online adalah Kinanti Azri & Hapsari Dyah Paramita.
7] Kenapa IPK gak punya shelter/tempat penampungan?
Sesuai dgn semangat visi & misi IPK, pada hakekatnya pasukan meong sangat membutuhkan keluarga penuh kasih untuk hidup bersama kita. Karena sesungguhnya setiap jiwa itu istimewa. Yukk kita bantu wujudkan, “Adopsi 1 Kucing Untuk 1 Rumah” alias AKUR bagi Sahabat yang belum merawat kucing dirumahnya! Kalau Sahabat Meong pernah berkunjung ke shelter/tempat penampungan, mayoritas pasukan meong disana selalu berusaha keras lhow ingin mencuri perhatian kita: untuk bisa dibawa pulang kerumah bersama kita =^_^=


8] Lalu apa kaitannya 3 program (SOS Meong, SKS, KSK) yang dibentuk penggagas IPK dengan tujuan utama tadi?
Kembali ke MISI utama IPK, yakni membuka wawasan dan gerakan penyadaran insan Indonesia untuk memiliki perhatian & rasa sayang terhadap kucing. Tidak kalah pentingnya, tentu untuk meningkatkan kualitas kehidupan & kesejahteraan kucing di Indonesia, khususnya kucing Indonesia (kucing domestik/lokal, atau kucing campuran/mix) yang terlantar/jalanan.

9] Ngapain aja siy sebetulnya ketiga program tersebut (SOS Meong, SKS, dan KSK)?
Berdasarkan pengamatan dari penggagas program dan sharing pengalaman-pengalaman Sahabat Meong selama ini, ada beberapa kebutuhan darurat yg sering dialami Sahabat Meong dan dengan fasilitas yang tersedia dirasakan masih sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Semua program bersifat SWADAYA alias mandiri. Artinya, idealisme VISI & MISI IPK untuk membantu kemandirian setiap Sahabat Meong dimanapun mereka berada di Indonesia. Oleh sebab itu, motto/slogan “Indonesia Peduli Kucing” terwujud dengan INISIATIF dari setiap Sahabat Meong untuk mengadakan program serupa di kotanya masing-masing. Penggagas program IPK dan Sukarelameong di Jakarta tentu akan berupaya membantu (info/fasilitas)

site : indonesiapedulikucing.com

_____sincerely_____