Selasa, 20 November 2012

Persiapan Sebelum Memelihara Kucing

Merawat kucing adalah sebuah HOBI yang populer dan menyenangkan bahkan sudah menjadi Gaya Hidup.Kucing merupakan teman bagi kita untuk bermain, berkeluh kesah dan penghilang stess karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan.Ada berbagai macam jenis kucing baik kucing ras maupun kucing domestik yang semuanya memiliki karakteristik dan ciri khas sendiri- sendiri dalam perilakunya. Malas dan manja adalah perilaku yang khas bagi kucing.Lain halnya denggan kitten yang biasanya memiliki perilaku yang aktif dan suka bermain,dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Karakteristik kucing domestik yaitu kuat,kebal, dan mandiri. Berbeda dengan kucing ras yang manja dan membutuhkan perawatan yang intensif.   Bagi kita yang menyayangi kucing tentunya ingin memiliki/memelihara salah satu atau lebih dari berbagai macam jenis kucing.Jika ingin merawat /memelihara hewan peliharaan sebaiknya seseorang harus memiliki komitmen, rasa tanggung jawab dan rasa kasih sayang yang tinggi terhadap hewan peliharaannya tersebut (Berlaku baik kucing ras maupun domestik). Karena mereka pasti selayaknya sudah kita anggap sebagai anggota keluarga ataupun teman bagi kita. Apakah anda siap berkomitmen, bertanggung jawab memberikan kasih sayang, perawatan,dan perhatian anda untuk “Puss Meong”? Tentukan juga apakah anda akan mengadopsi kitten atau kucing dewasa, karena juga mempengaruhi faktor komitmen. Kenapa begitu? Karena kucing merupakan hewan yang cinta kebersihan, tidak hanya membutuhkan makan dan tidur saja, kucing membutuhkan kasih sayang dari sang pemilik, perhatian ,perawatan,  bahkan waktu bermain yang cukup. Komitmen apa saja sih yang kita butuhkan?

Komitmen Waktu

Dari masa kehidupan anda, Kucing membutuhkan 15 sampai 20 tahun komitmen waktu anda (perkiraan umur kucing). Waktu ini harus anda sediakan setiap hari . Anda tidak dapat pergi weekend tanpa memikirkan kucing anda selagi anda pergi. Anda harus siap menyisihkan waktu untuk kucing anda setelah aktivitas harian yang melelahkan. Kucing membutuhkan makan, minum, dan waktu bermain setiap hari. Dan anda harus membersihkan kotoran kucing di litterbox paling tidak setiap hari (lebih cepat dibuang lebih baik).

“Kalau kita suka bermain dengan kucing maka kita juga harus suka bermain dengan kotorannya”

Seperti manusia Kucing membutuhkan 3 x waktu makan dalam sehari. Makan pagi, siang dan malam. Makanan harus tersedia pada malam hari karena kucing binatang malam. Kucing akan terbangun pada malam hari dan lebih banyak tidur di siang hari.Anda membutuhkan sedikitnya 30 menit dalam sehari atau lebih untuk bermain dengan kucing, karena hal ini diperlukan untuk melatih mental dan ketahanan fisik kucing. Grooming juga membutuhkan waktu, tergantung dari panjang bulunya, menyisir dan menyikat membutuhkan 15-30 menit setiap harinya. Bulu kucing akan rontok pada waktu-waktu  tertentu, menempel di karpet, sofa, baju, AC, dan beterbangan di udara. Anda perlu membersihkannya dengan vacuum cleaner dan tentunya hal ini akan menyita waktu anda juga.

Kitten mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi dan membutuhkan perhatian lebih intens. Anda juga perlu mengawasi anak kucing dari dekat. Apabila anda meninggalkannya tanpa pengawasan, masukkan ke dalam kamar/kandang  atau tempat yang aman sebelum meninggalkan kucing anda. Selain itu, mereka membutuhkan latihan untuk BAB di litterbox dan menggaruk di scratching post agar si kucing tidak merudak prabotan anda. Anak kucing akan menyita lebih banyak waktu anda dibanding kucing dewasa.

Komitmen Finansial
Semua kucing membutuhkan makanan yang bermutu baik, supplemen, peralatan-peralatan (bowl, pet carrier, litterbox, mainan, scratching post, sisir), pasir kucing, shampo dan lain-lain. Produk-produk makanan, peralatan dan kebutuhan kucing untuk sehari-hari kebanyakan adalah barang impor, jadi jangan pernah berpikir “paket murah” kalau anda memutuskan memelihara kucing, kalau anda berpikir biaya untuk memelihara kucing bisa dihemat, dan anda orang yg sangat njelimet berhitung dan selalu berpikir untung rugi, kucing bukan binatang peliharaan yang tepat untuk anda, karena akan membuat anda kecewa di kemudian hari.

Biaya untuk kucing akan mahal pada tahun pertama karena mereka perlu vaksin, spay/neuter (untuk kucing yg tidak dibreeding) check up dokter, dan pembelian peralatan-peralatan. Biaya akan cenderung tetap pada usia dewasa dengan asumsi kucing tidak pernah sakit / mendapat kecelakaan serius selama 10 tahun (walaupun kecil kemungkinan kucing akan sehat terus sepanjang tahun, kita asumsikan saja begitu ya..). Biaya akan meningkat lagi setelah umur 10 tahun, penyakit-penyakit seperti kanker, arthritis, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan usia mungkin akan mulai nampak pada usia ini.

Kebutuhan awal memelihara kucing:
Kebutuhan (Standar)

Kandang ( 78 x 54 x 63 cm), Rp 190.000,-kandang kucing


Obat Cacing (Deontal, Pet Derm), Rp 15.000,-obat cacing kucing
Bantal kucing, Rp 50.000,-
tempat tidur kucing

Scratching post, Rp 100.000,-tempat mencakar kucing
LitterBox, Rp 35.000,-litterbox
Sisir Biasa, Rp 25.000,-sisir kucing

Sisir kutuRp 25.000,-sisir kutu kucing

Brush karet utk shampo, Rp 25.000,-cat brush
Sikat Gigi Khusus kucing, Rp 40.000,-
sikat gigi kucing

Makanan Kucing(per bulan)Rp 150.000,-makanan kucing

Pasir Zeloit (25 kg), Rp 45.000,-
Shampo Khusus kucing, Rp 45.000,-shampoo kucing

Plas Chamois (kanebo), Rp 20.000,-kanebo

Pemotong kuku, Rp 35.000,-
pemotong kuku kucing

Sisir brush, Rp 35.000,-
cat brush

Scoop LitterBoxRp 20.000,-
scoop litterbox

Mainan Kucing (3 macam),
 Rp 80.000,-
mainan kucing


Food & water bowl, Rp 35.000,-
cat foodbowl

Travel carrier, Rp 200.000,-
travel carrier cat

Vaksin Tricat dan Rabies, 
Rp 200.000,-
vaksin kucing



Untuk yang bertanda merah bisa diganti dorongan alternatif lain/bisa tidak dibeli terlebih dahulu.
Nah, kira-kira total dari kebutuhan siKucing sekitar Rp 1.370.000.Tentunya anda juga harus rela menyisihkan sebagian uang saku maupun salary anda untuk hobi anda merawat kucing dengan mempersiapkan budget sedemikian agar si kucing bisa terawat dengan baik.
_____sincerely_____
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Persiapan Sebelum Memelihara Kucing ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Selasa, 20 November 2012. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
4 Comments

4 komentar:

Bintang senja mengatakan...

tq untuk infonya mas.. jadi semakin tau nih perlatan-peralatan yang mesti di sediakan untuk memelihara kucing

Eka Noviana mengatakan...

infonya bermanfaat binggo 😂 baru tau perllu biaya segitu, siap2 buat mengabaikan godaan diskonan demi si kitten. Kira2 kalo baru ngasi vaksin pas usia setahun boleh ga ya ?

Fairuz Hilwa Shahab mengatakan...

@ Eka Noviana : sebenarnya untuk biaya tergantung cara masing-masing, misalnya untuk brush cat bisa digunakan sisir biasa (namun sebagusnya sisir khusus kucing)
untuk vaksin sebaiknya ketika kucing udah setahun dikasih vaksin
kebanyakan pemilik kucing memvaksin kucingnya ketika umur setahun

Aura Nabilla mengatakan...

makasih nih info.a, kebetulan mau adopsi kucing persia :D

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda