Selasa, 23 Oktober 2012

Kucing Burmilla



Kucing Burmilla merupakan hasil persilangan dari kucing Burmese dan kucing Chinchilla, nama Burmilla sendiri merupakan gabungan dari kedua nama ras nenek moyangnya yaitu BURM-ese chinch-ILLA. Kucing burmilla awalnya berbulu pendek (shorthair), namun dalam perkembangannya juga ada yang berbulu panjang.

Untuk kucing Burmilla yang berbulu panjang (Burmilla Longhair atau Semi-longhair)akhirnya membentuk ras tersendiri yang dinamakan kucing ras Tiffanie atau kucing ras Asian Semi-longhair.

Jadi ada beberapa asosiasi/federasi/klub kucing internasional yang membagi dua ras Burmilla (Burmilla Shorthair) dan Burmilla Longhair/Semi-longhair (atau Tiffanie atau Asian Semilonghair), dan ada juga yang menjadikan satu ras Burmilla tersebut.


Sejarah kucing ras Burmilla diawali pada tahun 1981, seorang wanita bernama Miranda Bickford-Smith membeli seekor kucing Chinchilla (persia chinchilla) jantan untuk hadiah ulang tahun suaminya. Kucing tersebut diberi nama Jemari Sanquist. Tetangga Miranda mempunyai seekor kucing betina Ras Burmese yang bernama Bambino Lilac Fabergé. Kedua kucing berbeda ras itu tanpa sengaja kawin.

Dari perkawinan Sanquist (Ras Persia Chinchilla) dan Faberge (Ras Burmese), lahirlah empat ekor anak kucing berbulu pendek, dengan pola warna black silver shade. Keempat kucing ini mempunyai temperamen dan sifat yang khas. Akhirnya diputuskan untuk memulai suatu program perkembangbiakan ras yang terkontrol.

Tahun 1984 standar ras Burmilla mulai diakui. Namun baru pada tahun 1997 Burmilla diakui sebagai sebuah ras kucing dengan sifat-sifat genetik yang stabil. Di Inggris, Burmilla telah mendapatkan pengakuan FiFe sebagai sebuah ras dalam kontes kucing pada tahun 1990.

Karena nenek moyang Burmilla juga ras Burmese, maka kucing-kucing Burmilla mempunyai gen bulu pendek. Sebagian anak kucing Burmilla mempunyai bulu pendek. Demikian juga sebaliknya, karena nenek moyang Burmilla juga ras Chinchilla, kucing-kucing Burmilla mempunyai gen bulu panjang. Beberapa anak kucing Burmilla mempunyai bulu panjang.

Kucing Burmilla adalah kucing berukuran sedang, dengan sifat-sifat fisik yang mirip dengan Burmese maupun Chinchilla. Mempunyai bulu pendek atau panjang, padat dan lembut. Warna gelap seperti "eye liner" (celak) mengelilingi mata hijau merupakan salah satu ciri khas Burmilla.

Kucing ras Burmilla mempunyai badan yang cukup berotot, muka agak membulat, dan moncong pendek. Berat dewasa ras ini berkisar antara 4-5 kg. Burmilla mempunyai warna bermacam-macam seperti black, blue, champagne, chocolate, cream, lilac, platinum dan red. Bisa juga muncul warna tortie dengan kombinasi warna black, blue, brown, chocolate dam lilac.

Temperamen kucing Burmilla merupakan gabungan dari Burmese dan Chinchilla. Mereka aktif dan suka bermain seperti Burmese umumnya. Tetapi sifatnya tidak terlalu over aktif seperti ras burmese asli karena diimbangi dengan sifat Chinchilla yang tenang dan anggun. Kucing ini sangat menyenangkan bagi pemeliharanya.

Burmilla mempunyai warna bermacam-macam seperti black, blue, champagne, chocolate, cream, lilac, platinum dan red. Bisa juga muncul warna tortie dengan kombinasi warna black, blue, brown, chocolate dam lilac.

Sumber

_____sincerely_____
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Kucing Burmilla ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Selasa, 23 Oktober 2012. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda