Kamis, 21 Februari 2013

Kucing Cornish Rex

Gambar Kucing Cornish Rex

Kucing Cornish Rex merupakan jenis kucing domestik berbulu pendek, bahkan sangat pendek, dan keriting, yang terjadi akibat adanya mutasi genetik pada nenek moyang mereka, yaitu seekor anak kucing yang terlahir sekitar tahun 1950-an di sebuah area pertanian di Cornwall, Inggris. Maka dari itu kucing jenis ini diberi nama Cornish yang merupakan serapan dari kata "Cornwall".

Anak kucing tersebut yang dideskripsikan merupakan seekor anak kucing jantan dengan bulu berwarna krem yang diberi nama Kallibunker, memiliki penampilan yang tidak biasa yaitu berbulu keriting. Melihat keunikan anak kucing berbulu keriting tersebut, ketika si kucing sudah beranjak dewasa, sang pemilik pun mengawinkannya lagi dengan induknya. Dari hasil kawin anak dan induk tersebut lahirlah seekor anak kucing jantan dan seekor anak kucing betina yang keduanya berbulu keriting. Yang betina diberi nama Lamorna Cove dan yang jantan diberi namaPoldhuLamorna Cove kemudian dibawa ke Amerika dan dikawinsilangkan dengan seekor kucing Siam di sana.

Kucing Cornish Rex memiliki penampilan yang bisa dibilang sangat mirip dengan kucing Devon Rex. Namun proses mutasi yang terjadi pada mereka jauh berbeda. Sehingga dilarang melakukan persilangan anatra kedua jenis kucing ini.

Warna bulu kucing Cornish Rex
 serta polanya sangat beragam. Menurut standar yang sudah ditetapkan kucing ini boleh memiliki warna solid (putih, hitam, cokelat, oranye, biru, lilac, dan krem), semua jenis warna tabby, bicolor, tortoiseshell, smoke, dan bahkan colorpoint seperti standar kucing Siam.

Kucing Cornish Rex termasuk jenis kucing hypo-allergenic. Hal ini bukan dikarenakan bulunya yang pendek, melainkan karena memang tubuh si kucing menghasilkan alergen yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. Sehingga kucing ini banyak disarankan bagi penderita alergi kucing yang ingin memelihara kucing.

Temperamen kucing Cornish Rex cenderungsenang bermain serta ceria sampai usia tuanya. Beberapa kucing dari jenis ini senang main lempar tangkap, balapan lari, dan melakukan lompatan akrobatik. Kucing ini juga dikenal senang bertualang dan sangat cerdas. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, penuh rasa ingin tahu, dan senang mengeksplorasi tempat yang dihuninya. So, jangan heran jika si kucing tiba-tiba ditemukan berada di dalam mesin cuci atau nangkring di atas kulkas. Konon, kucing ini adalah peliharaan yang paling cocok untuk anak-anak yang punya sifat pemalu.

Kucing jenis ini cenderung memiliki kerentanan atau tidak begitu bersahabat dengan obat bius. Obat bius tertentu terkadang dapat membunuh si kucing jika tidak diberikan secara hati-hati. So, seorang dokter hewan yang profesional pasti akan menggunakan obat bius khusus yang lebih ringan jika harus mengoperasi kucing ini. Pada saat operasi caesar misalnya.


_____sincerely_____
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Kucing Cornish Rex ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Kamis, 21 Februari 2013. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda