Sabtu, 18 Februari 2012

Kucing Manx

Jenis kucing ini berasal dari britania raya tepatnya di sebuah pulau kecil bernama Isle of Man. Dan sudah dikenal disana, bahkan sebelum lahirnya Cat Fancy pada tahun 1870.  Kemudian mulai populer di Amerika Serikat pada tahun 1930. Saking tuanya ada banyak mitos yang menyertai perjalanan hidup dari Kucing Manx. Salah satunya adalah ketika berada si kapal nabi Nuh ada seekor anjing yang sama sekali tidak menyukai kucing. Mereka saling berkejar-kejarn hingga membuat seisi kapal heboh…sampai pada akhirnya si anjing berhasil menggigit sampai putus ekor dari si kucing ini.
Kemudian karena ketakutan yang amat sangat. Daripada dimakan oleh anjing itu,  akhirnya si kucing memilih kabur dari kapal…berenang dan sampai ke sebuah pulau kecil (Isle of  Man)
Sehingga sampai sekarang Kucing Manx memiliki tidak mempunyai ekor….bahkan kalaupun mempunyai, itu juga sangat pendek. Bayangin dengan kucing persia ataupun kucing anggora.
kucing manx
Pada umumnya kucing ini termasuk yang memiliki sifat aktif dan suka bermain. Dan dia juga sangat setia loh. Sekali hidup bersama dengan majika dia akan sangat sulit berdaptasi dengan majikannya yang lain. Sehingga dia dijuluki sebagai one person cat.

Untuk ukuran tubuh memang bisa dikatakan lebih pendek daripada jenis kucing lainnya. Dan sulit diubah walaupun anda memberinya banyak manfaat telur yang baik-baik. Nah! Berikut beberapa ciri ciri kucing manx yang khas :
  • kepala bundar
  • pipi menonjol
  • Mata besar
  • leher pendek
  • Mempunyai telinga dengan ukuran sedang
  • Memiliki dada lebar
  • tulang punggung melengkung (sampai pinggul)
  • Bulunya terdiri dari pendek dan tebal.
Ingin merawat kucing manx? tapi sebaiknya berhati-hati karena manx memiliki dua ekor gen pendek (homozigot) dan bisa mengakibatkan kematian atau keguguran karena kelainan pada tulang punggung.
Catatan : Kucing Manx  yang memiliki bulu panjang digolongkan menjadi jenis kucing  yang berbeda, yaitu Cymric.

Sumber


_____sincerely______ 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Kucing Manx ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Sabtu, 18 Februari 2012. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda