Sabtu, 12 Januari 2013

Apa itu Ringworm?

Ringworm atau dermatophytosis merupakan infeksi jamur pada kulit, bulu dan kadang pada kuku. Jamur penyebab terjadinya ringworm umumnya adalah.Microsporum canis,Trichophyton mentagrophytesdan Microsporum gypseum.

Ringworm dapat menginfeksi anjing, kucing, manusia dan spesies lainnya yang dapat menular satu sama lain. Resiko kejadian ringworm akan meningkat berkaitan dengan beberapa faktor. 
  • Umur : jamur dapat menginfeksi hewan umur berapapun tetapi hewan berumur kurang dari 1 tahun mempunyai resiko tertinngi.
  • Spesies dan Ras : Kucing mempunyai resiko lebih tinggi daripada anjing. Ras Persia pada kucing dan ras Yorkshire pada anjing serta ras berbulu panjang pada umumnya mempunyai resiko yang lebih tinggi. 
  • Status kekebalan : Kondisi hewan yang mengalami keadaan imunitas yang rendah seperti mengalami infeksi virus, bunting dan menyusui, malnutrisi, kanker, stress dan sedang meminum obat anti inflamasi
  • Hewan-hewan yang berada dalam lingkungan populasi yang tinggi dan perawatan yang kurang baik.
  • Lingkungan yang mempunyai cuaca yang panas dan lembab
Ringworm dapat menyebar melalui rodensia, tanah yang terkontaminasi tetapi yang paling berpotensi menyebarkan adalah kontak antar hewan yang terinfeksi atau lewat lingkungan yang terkontaminasi. Jamur dapat bertahan lama di lingkungan, pada hewan carier, furniture, karpet, debu, dsb yang tetap dapat menginfeksi selama beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun kemudian. Ringworm dapat menular dari peralatan grooming, mainan, alas tidur atau dari pakaian dan tangan pemilik. Jamur dapat ditemukan pada bulu hewan atau lingkungan walaupun hewan tersebut tidak menunjukan gejala, umumnya masa inkubasi dapat terjadi antara 4 hari sampai 4 minggu.

Gejala yang muncul adalah
adanya area bulat yang botak. Lokasi yang paling umum terdapat di muka, telinga, kaki dan ekor. Ringworm dapat terjadi berbarengan atau sebagai akibat dari flea allergy dermatitis. Lesio dapat mengakibatkan gatal ataupun tidak gatal. Adapun sebab lain yang dapat mengakibatkan lesio yang mirip dengan ringworm adalah tungau demodec dan infeksi bakteri pada kulit.

Pengobatan
Kejadian ringworm pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya selama 3 bulan tetapi pengobatan sebaiknya segera dilakukan untuk mempercepat persembuhan, mengurangi kontaminasi ke lingkungan dan mengurangi resiko penularan.
Pengobatan pada hewan yang berada dalam populasi yang tinggi sebaiknya menggunakan pengobatan topikal untuk mengurangi kontaminasi ke lingkungan. Contoh obat topikal antara lain sulfur, shampoo kombinasi miconazole dan chlorhexidine. Penggunaan obat topikal ini akan lebih efektif jika digunakan bersamaan, misalnya hewan dimandikan dengan shampoo khusus dan juga diberikan obat topikal secara lokal pada lesio jamur. Pada hewan berbulu panjang sebaiknya area disekitar lesio jamur dicukur terlebih dahulu.
Pengobatan sistemik penting diberikan untuk menunjang pengobatan topikal untuk mempercepat proses persembuhan. Hewan yang diberikan obat anti jamur secara sistemik sebaiknya dimonitor dengan baik dan mengikuti aturannya dengan baik sesuai dengan anjuran dokter hewan.

Pencegahan
Pencegahan dapat dilakukan dengan manajemen yang baik. 
  • Anak kucing dan kucing bunting sebaiknya dipisahkan dari kucing dewasa lain. 
  • Periksalah setiap hewan baru yang akan dimasukan ke dalam suatu populasi. 
  • Pisahkan hewan yang diduga terinfeksi dari yang sehat
  • Bersihkan area yang berkontak dengan hewan yang terinfeksi
  • Bersihkan kandang, alas tidur, tempat makan dan tempat bermain hewan secara teratur

Jika telah terjadi wabah ringworm pada hewan-hewan anda sebaiknya dilakukan hal-hal sebagai berikut:
  • Semua hewan yang terekspos sebaiknya diperiksa walaupun tidak menunjukan gejala.
  • Semua mainan, alas tidur dan sisir yang terekspos sebaiknya disingkirkan.
  • Semua permukaan tempat-tempat bermain hewan didesinfeksi dan sebaiknya diulang minimal 2 kali.
  • Semua karpet dan furniture dibersihkan dengan vacuum cleaner setiap har i selama 1 minggu dan kantung vacuum cleaner dibersihkan tiap hari.
  • Gorden dan karpet sebaiknya dicuci.
Sumber

_____sincerely______
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Apa itu Ringworm? ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Sabtu, 12 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda