Senin, 14 Januari 2013

Bobcat (Kucing Liar)

bobcat, kucing liar amerika
Bobcat (Lynx rufus sering disebut juga felis rufus ) adalah spesies kucing liar yang hidup di Amerika bagian utara. Kucing ini banyak ditemukan di Amerika serikat bagian utara, bagian selatan Kanada dan Meksiko bagian utara.
Bobcat adalah hewan yang beradaptasi terhadap habitat berupa pepohonan, semi gurun pasir, rawa-rawa dan pingiran perkotaan. Mereka mempunyai daerah jelajah dan kekuasaan yang berganti-ganti sesuai musim. Derah kekuasaanya ditandai dengan bekas cakaran di batang pohon, deposit kotoran dan kencing.
bobcat, kucing liar amerika
Kucing liar bobcat mempunyai tanda berupa lingkaran hitam di kaki depan dan ekor. Telinga mereka besar dihiasi bulu-bulu di bagian belakang telinga yang menyerupai antena. Bulu-bulu ini berhubungan dengan tingkat pendengaran mereka yang sangat sensitif.

Warna bulu bervariasi tergantung musim, umumnya berwarna abu-abu muda hingga coklat muda dihiasi spot hitam diseluruh tubuh. Bobcat  mempunyai tubuh besar, sekitar 2 kali kucing rumahan. Tetapi lebih kecil bila dibandingkan Lynx yang berasal dari Kanada. Bobcat jantan dewasa mempunyai panjang badan sekitar 70-120 (rata-rata 90) cm dan berat 8-15 Kg, dengan panjang ekor kurang lebih 15 cm. Kucing jantan biasanya lebih besar dari kucing betina.
bobcat, kucing liar amerika
Macan kumbang, meskipun berwarna hitam, tapi masih terlihat pola spot hitamnya. Bobcat berwarna hitam juga pernah ditangkap di Florida. Seperti macan kumbang, bila diperhatikan dari dekat, warnanya tidak hitam murni tetapi masih terlihat adanya titik/spot berwarna hitam dengan intensitas yang berbeda.
Seperti kucing liar lainnya, Bobcat adalah karnivora sejati dengan mangsa beragam mulai dari serangga, tikus hutan, kelinci hingga rusa yang berukuran besar. Musim kawin bobcat terjadi pada akhir musim dingin hingga musim semi, dengan masa kebuntingan sekitar 2 bulan.
bobcat,kucing liar amerika
Pada saat lahir anak bobcat mempunyai panjang sekitar 25 cm dab berat 2.8 - 3 ons. Ketika berumur 1 tahun beratnya bisa mencapai 4.5 kg. Bobcat  adalah pemanjat yang baik dan dapat berenang bila memang terpaksa. 
Setidaknya ada sekitar 9 subspesies Lynx yang sudah teridentifikasi, salah satunya adalah Lynx Kanada (Lynx rufus gigas) yang berukuran paling besar. (drh. Neno WS)


_____sincerely______
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Bobcat (Kucing Liar) ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Senin, 14 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda