Kamis, 10 Januari 2013

Tips Merawat Kucing Anggora



Merawat kucing Anggora bisa dibilang hampir sama dengan merawat kucing-kucing ras lain yang berbulu semi-longhair dan longhair. Namun tentu saja akan sedikit berbeda dengan merawat kucing berbulu pendek ataupun kucing kampung.
Cara merawat kucing anggora yang baik memang berbeda-beda menurut tiap individu yang memelihara kucing cantik ini. Namun secara garis besar bisa dibilang relatif sama, yaitu tentang kebersihan si kucing dan kandang, menu makanan, dan terakhir vaksinasi.
Berikut ini ada beberapa Tips merawat kucing Anggora yang semoga akan berguna bagi anda yang baru, akan atau sudah memelihara kucing anggora

Untuk makanan kucing anggora, akan lebih baik kalau dibiasakan sejak kecil untuk makan makanan kucing yang kering (dry food). Karena menurut beberapa pakar, makanan kaleng untuk kucing (wet food) tidaklah bagus untuk kesehatan jangka panjang si kucing. Selain itu, lebih baik untuk tidak mencoba memberikan makanan lain selain catfood seperti ikan, ayam, atau makanan hewani lainnya. Makanan tersebut cenderung akan mengganggu pertumbuhan bulu si kucing anggora.
Untuk porsinya,
anda bisa memberinya makan 3x sehari dengan porsi 1 takaran full unutk porsi kucing dewasa. Atau anda bisa melihat sendiri takaran yang dianjurkan pada bungkus makanan kucing yang anda beli tersebut. 
Untuk minumnya, saya rasa kalau sudah dewasa beri saja air putih yang mateng sudah cukup. Kucing Anggora berumur 6 bulan sudah bisa dikategorikan kucing dewasa. Memberinya susu boleh, tetapi jangan sering-sering dan jangan susu untuk manusia

Pastikan ukuran kandang kucing anggora sesuai dengan ukuran tubuhnya. Misal kucing anggora anda sudah seberat 4 kg, maka anda bisa menggunakan kandang berukuran 90 x 63 x 65 cm. Kandang yang baik adalah yang terbuat dari aluminium, sehingga tidak berkarat, dan jerujinya lebar agar sirkulasi udaranya bagus.
Bersihkan kotak pasir setiap hari dan cuci kandang seminggu sekali, lalu semprot dengan desinfektan.

Untuk kesehatan kucing anggora, yang paling penting adalah setelah kucing berumur 3 bulan segera lakukan vaksinasi. Ikuti saja saran dokter untuk melakukan vaksinasi apa saja. Biasanya dokter akan mewajibkan 3 kali vaksinasi, sementara yang tahunan mereka sebut "tidak wajib".
Untuk menjaga kebersihannya, anda perlu memandikannya setidaknya 2 minggu sekali. Seminggu sekali juga lebih bagus. Dan agar bulunya tidak kusut, sisirlah sehari sekali.


_____sincerely_____
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Tips Merawat Kucing Anggora ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Kamis, 10 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda