Senin, 14 Januari 2013

Merawat Kucing Tua


Jika kucing kesayangan Anda sudah berusia tua, tetaplah memberi perhatian khusus padanya. Seperti halnya manusia, kucing yang sudah tua perlu perawatan khusus. Selain kondisi tubuhnya yang tidak lagi fit, kucing tua juga mudas stres. Berilah dia keistimewaan sebelum mati, sebagai balasan atas kebahagian yang diberikan seumur hidupnya untuk Anda:

1.Letakkan selimut tebal dan lembut di kandang atau tempat tidur kucing. Agar dia selalu nyaman dan merasa hangat di sana.
2.Nafsu makan kucing yang sudah tua biasanya menurun. Salah satu penyebabnya adalah karena pembengkakan pada gusi dan gigi yang membusuk. Hangatkan makanan sebelum diberikan pada kucing. Makanan hangat akan sangat membantunya.
3.Kucing sering menyisir bulunya dengan menggunakan gigi. Karena gigi kucing tua sudah rapuh, bantu kucing menyisir bulunya agar tidak kusut dan menyingkirkan bulu-bulu yang rontok agar tidak tertelan saat kucing menjilati tubuhnya. Bulu yang tertelan dapat menganggu pencernaan kucing.
4.Kucing tua tidak lagi seaktif saat muda. Dia akan lebih suka
sering tidur. Jadi jangan memberinya banyak makanan karena akan membuatnya kegemukan, sehingga akan lebih memparah kondisi tubuhnya yang sudah tua, sementara kucing sudah tidak lagi aktif bergerak.
5.Karena kucing tua tak selincah dan seakaif dulu, dia jarang menggunakan cakarnya. Potong cakarnya agar tidak menyebabkan luka.
6.Jangan terlalu sering memandikan kucing tua, cukup 1-2 bulan sekali. Ganti dengan membasuh mukanya dengan handuk dan air hangat.
7.Bawa kucing periksa kesehatan secara teratur. Seperti pemeriksaan gigi, gusi serta darah. Lakukan  vaksinisasi lebih lanjut.
8.Jangan tinggalkan kucing sendirian. Jika harus meninggalkan sewa atau suruh orang untuk menjaganya.

Sumber

_____sincerely_____
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Merawat Kucing Tua ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Senin, 14 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda