Kamis, 10 Januari 2013

Tanda Kucing Siap Kawin

Kucing memiliki siklus birahi yang terjadi sekitar 3 kali dalam setahun, tidak seperti manusia yang bisa birahi kapan saja. So, penting bagi kita untuk mengetahui siklus ini agar kita tidak salah momen saat hendak mengawinkan kucing betina kita.
Kucing yang sudah berumur 10 bulan biasanya sudah mengalami masa birahi yang pertama dan siap untuk dikawinkan. Namun lebih baik jika kita tidak buru-buru. Lebih baik jika mengawinkannya pada masa birahi yang kedua. Yang artinya kucing sudah berumur 1 tahun lebih, sehingga fisik dan mentalnya sudah cukup mampu untuk melahirkan dan merawat anak.

Masa birahi kucing biasanya terjadi sekitar 3 bulan sekali yaitu sekitar pertengahan Januari-Maret, Mei-Juni, dan Agustus-September. Terlebih lagi karena Indonesia adalah negara tropis, jadi masa birahi kucing tidak begitu terpengaruh oleh iklim. Jarak 3-5 minggu masa birahi bisa berturut-turut dalam satu minggu.

Ciri-ciri kucing yang sudah siap kawin atau sedang birahi adalah sebagai berikut :
  • Tubuhnya terlihat lebih bulat dan subur, serta bulunya terlihat berkilau.
  • Terlihat lebih lincah.
  • Saat dibelai, pantat, punggung, dan ekornya diangkat berdiri.
  • Sering terlihat berguling-guling dan menggesek-gesekkan tubuhnya ke dinding.
  • Sering mengeong dalam waktu yang cukup lama dan suara meongnya terdengar lebih nyaring.
  • Lebih sensitif dan manja.
  • Nafsu makannya sedikit menurun.


_____sincerely_____
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Tanda Kucing Siap Kawin ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Kamis, 10 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda