Jumat, 11 Januari 2013

Poin Penting Sebelum Mengikuti Kontes Kucing


Terus terang saya sendiri memelihara kucing bukan untuk saya ikutkan dalam sebuah kontes. Namun saya rasa memelihara kucing untuk diikutkan dalam sebuah kontes tidak buruk juga, karena si kucing akan dirawat dengan sebaik-baiknya. 
Harapan ketika mengikutkan kucing kita dalam sebuah kontes tentunya adalah untuk menjadi juara. Namun bukan perkara mudah untuk menjuarai sebuah kontes kucing. Banyak hal yang perlu dipersiapkan jauh hari sebelumnya untuk membuat si kucing layak diperhitungkan sebagai kandidat kuat sang juara. Dan berikut ada beberapa tips agar si kucing dapat menjuarai sebuah kontes kucing :
  • Kucing kontes adalah kucing yang sehat jasmaninya. So, berikan vaksinasi lengkap pada si kucing. Biasanya panitia lomba akan meminta bukti vaksinasi dari dokter hewan.
  • Kucing kontes adalah kucing yang bersih dan cantik. Memandikannya dan merapikan bulunya menjadi satu keharusan sebelum si kucing diikutkan lomba. Kebersihan pada sekitar anus, telinga, mata, dan kuku akan diperiksa secara detail. Sebaiknya bulu kucing tidak dicat, dikeriting, ataupun menggunakan bedak berlebihan.
  • Kucing kontes adalah yang bermental sehat. Maksudnya kucing tidak stress, dan memiliki temperamen yang stabil. Tidak menggigit, mencakar, keluar arena lomba, atau mati mendadak. Satu tips dari Sekretaris Jendral Indonesian Cat Association (ICA), Rusmiati S.Kom, MM, adalah sebaiknya anda meletakkan si kucing di tempat yang agak tersembunyi terlebih dahulu sebelum kucing muncul di area lomba. Kemudian perlahan-lahan buat si kucing beradaptasi dengan suasana lomba dengan mengelus-elusnya atau memangkunya.
  • Persiapan yang matang itu penting. Biasanya lomba tingkat regional biasanya berlangsung 2 kali setahun, sedangkan tingkat nasional berlangsung setahun sekali. Ketahuilah jadwal acara lomba tersebut sehingga anda bisa mempersiapkan kucing anda secara lebih efektif dan efisien waktu sebelum diikutkan lomba.
  • Memahami kriteria lomba. Untuk house cat (non-pedigree) kriteria penilaiannya adalah kebersihan, kesehatan, temperamen, dan penampilan si kucing. Untuk  kucing pedigree biasanya kriterianya disesuaikan dengan standarisasi masing-masing ras, seperti kucing Persia yang harus pesek, panjang bulu berapa cm, bentuk kepalanya harus seperti apa dan lain-lain. Kucing yang boleh ikut lomba biasanya berumur minimal 4 bulan. Namun khusus untuk kucing jantan biasanya harus berumur minimal 10 bulan. Anda bisa mengetahui standarisasi kucing show setiap ras kucing dan juga informasi lomba dari organisasi-organisasi kucing seperti ICA.
Sumber

_____sincerely_____
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Poin Penting Sebelum Mengikuti Kontes Kucing ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Jumat, 11 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda