Senin, 20 Februari 2012

Kucing Anggora






Kucing Angora (Anggora/Angola) adalah salah satu kucing tertua yang berasal dari kota Angora (sejak tahun 1930 disebut Ankara) di Turki. Kucing Angora sepintas mirip dengan kucing Persia, bila diperhatikan hidungnya akan nampak berbeda. Kalau kucing persia berhidung "pesek" (mungil) sehingga nampak lucu, sedangkan kucing anggora berhidung mancung dan nampak manis. Kucing Angora yang dikenal sekarang disebut juga Angora Turki (Turkish Angora) atau juga disebut kucing Ankara Kedisi. Kucing Angora Turki yang asli sebenarnya hanya berwarna putih dengan mata biru atau kuning.

Seperti halnya kucing Persia, selain menjadi salah satu yang tertua juga salah satu yang paling terkenal di Indonesia, juga di dunia. Ketika diminta untuk menyebutkan jenis kucing, kebanyakan orang akan hampir selalu menyebutkan Anggora (Angora). Melekat keindahan dan daya tarik ditambah sifat kasih sayang dan lembut menyumbang banyak popularitasnya.


Kucing Angora (Turkish Angora) dikenal sebagai kucing yang sangat cerdas, keingin-tahuan terhadap sesuatu cukup besar. Kucing angora ini juga lucu, sangat mudah beradaptasi dan mudah bergaul dengan penghuni rumah. Memiliki kepribadian yang ramah dan hangat, mereka melakukannya dengan baik terhadap anak-anak, sangat menyenangkan. Keinginan mereka bermalas-malasan dan bermain, mereka senang di dalam ruangan (di dalam rumah).

Kucing Anggora bisa akrab dengan kucing lain, binatang lain dan anak-anak. Kucing persia sangat responsif dan menjadi sumber kebahagiaan bagi pemiliknya.

Kucing ras angora nampak elegan dan anggun, mempunyai ukuran badan sedang, dengan tubuh relatif besar, panjang, langsing, dengan kaki dan ekor panjang. Ekornya berbulu tebal dan mengembang seperti ekor musang. Hidung mancung, keseluruhan kepala berbentuk seperti segitiga, dengan telinga lebar dan menunjuk, mata besar berbentuk kacang almond. Warna kucing ini bermacam-macam, ada yang putih, hitam, coklat, tricolour/blangtelon (putih, hitam, kuning kecoklatan), kuning, kemerahan, dsb.

Tahun 1954 kucing Turkish Angora pertama kali resmi diimport ke Amerika Serikat. Pada tahun 1968 yang pertama kali diregistrasi di CFA (Cat Fanciers Association) waktu itu adalah kucing Angora putih. Tahun 1970 mulai diadakan kompetisi kucing tersebut, juga tahun 1972. Dan tahun 1976 pertama kali memperoleh CFA grand champion.

Sumber

_____sincerely_____



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di All About Cats

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Fairuz Hilwa Shahab

Artikel Kucing Anggora ini diposting oleh Fairuz Hilwa Shahab pada hari Senin, 20 Februari 2012. Terimakasih atas kunjungan anda. Pertanyaan dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar . Salam catlover
Comments
2 Comments

2 komentar:

Merawat Kucing Anggora mengatakan...

hmm sama-sama menarik, jadi bingung menentukan pilihan

Fairuz Hilwa Shahab mengatakan...

pilihlah kucing berdasarkan sifatnya

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda